Apa Itu OSI Layer dan Cara Kerjanya ?

Apa Itu OSI Layer dan Cara Kerjanya ? – Mayoritas orang, mungkin saja Anda, kelihatannya masih lumayan asing dengan istilah “OSI layer”. Walau sebenarnya tanpa Anda ketahui, benda ini seringkali Anda pakai bahkan juga nyaris tiap hari lho. Kurang lebih OSI ini apa sich? Berikut penuturannya.

Pemahaman

OSI ialah ringkasan dari “Open Systems Interconnection”, yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “Interkoneksi Mekanisme Terbuka”. Pengertiannya sendiri ada banyak, seperti berikut:

  • OSI ialah mode konseptual yang dibikin oleh Organisasi Internasional (ISO) untuk standarisasi beragam mekanisme komunikasi, supaya proses komunikasi memakai prosedur standard.
  • Dalam artian yang lebih simpel, OSI memberi standard untuk mekanisme computer yang lain agar berbicara keduanya.
  • Ada pula yang mendeskripsikan OSI sebagai satu rangka kerja konseptual yang dipakai untuk memvisualisasikan peranan mekanisme jaringan.
  • Sumber lain menerangkan jika OSI ialah tujuh susunan yang dipakai mekanisme computer untuk berbicara lewat jaringan.

OSI datang dari awalnya tahun 1980-an dan sebagai mode standard pertama untuk komunikasi jaringan, yang dipungut oleh semua perusahaan computer dan telekomunikasi besar.

Tetapi, OSI baru dikenalkan dengan cara resmi di tahun 1983, dan dipungut oleh ISO sebagai standard internasional di tahun 1984.

Internet kekinian tidak didasari pada OSI, tetapi pada mode Transmission Kontrol/Internet Protocol (TCP/IP) yang lebih simpel.

Tetapi, mode 7-layer OSI ada banyak dipakai karena menolong mendeskripsikan dan mengomunikasikan bagaimana jaringan bekerja dan menolong menutup dan pecahkan permasalahan jaringan.

Dalam kata lain, OSI menolong memberi deskripsi visual mengenai apa yang terjadi dengan mekanisme jaringan tertentu.

Bila Anda bisa pahami mode OSI dan lapisannya, Anda dapat pahami prosedur dan piranti yang mana bisa sama-sama bekerja saat tehnologi baru diperkembangkan dan diterangkan.

Susunan OSI Layer

Susunan OSI dipisah jadi dua barisan, yakni susunan bawah yang terbagi dalam susunan pertama sampai ke-4, dan susunan atas yang terbagi dalam susunan ke-5 sampai tujuh.

Peranan khusus susunan bawah ialah memerhatikan gerakan data di jaringan.

Dan susunan atas bekerja untuk membagikan data lebih luas, bahkan juga dapat keluar jaringan. Masing-masing keterangan dari tiap susunan itu ialah seperti berikut:

Physical Layer

Physical layer atau disebutkan susunan fisik ialah susunan pertama atau paling bawah dari OSI.

Susunan ini terkait dengan transmisi bit data mentah tidak terancang secara elektrik atau optik ke semua jaringan dari susunan fisik piranti pengirim ke susunan fisik piranti yang menerima.

Transmisi ini bisa meliputi detail seperti voltase, tatanan letak pin, kabel, dan frekwensi radio.

Pada susunan fisik, Anda dapat mendapati sumber daya fisik seperti hub jaringan, kabel, repeater, adaptor jaringan, atau modem.

Susunan Data Link

Susunan ini mempunyai tanggung-jawab berbentuk:

  • Mentransfer frame data tanpa kekeliruan
  • Membenahi kekeliruan yang kemungkinan terjadi pada susunan fisik
  • Mendeskripsikan pola data di jaringan
  • Sediakan komunikasi yang handal dan efektif di antara dua ataupun lebih piranti
  • Mengenali tiap piranti yang ada di jaringan lokal

Susunan data link meliputi dua sub-lapisan, yakni:

  • Untuk susunan pertama disebutkan Logical Link Kontrol Layer, yang bertanggungjawab untuk mentransfer paket ke susunan jaringan yang menerima, mengenali alamat prosedur susunan jaringan dari header, dan sediakan kontrol saluran.
  • Susunan ke-2 disebutkan Media Akses Kontrol Layer, yakni susunan penyambung di antara susunan Logical Link Kontrol dan Susunan Fisik jaringan. Susunan ini dipakai untuk mentransfer paket lewat jaringan.

Network Layer (Susunan Jaringan)

Susunan jaringan bertanggungjawab untuk terima frame dari susunan data link, selanjutnya mengirimkan ke arah tujuan berdasar alamat yang ada dalam frame.

Susunan jaringan bisa mendapati arah dengan memakai alamat rasional seperti IP (Internet Protocol).

Karenanya, router ialah bagian utama pada susunan ini, yang bermanfaat untuk merutekan info secara harfiah ke mana dia perlu pergi dan mengantarkan jaringan ke node arah.

Susunan Transportasi

Susunan transport ialah layer ke-4 dari OSI yang bekerja pastikan jika pesan dikirimkan sama sesuai posisi pengangkutannya dan tidak ada duplikasi data.

Dalam kata lain, tanggung-jawab khusus dari susunan transport ialah mentransfer data seutuhnya.

Susunan ini terima data dari susunan atas dan menggantinya jadi unit lebih kecil yang dikenali sebagai fragmen.

Susunan ini bisa dikatakan sebagai susunan ujung ke ujung karena sediakan jaringan titik-ke-titik di antara sumber dan arah untuk mengirim data dengan handal. Dua prosedur yang dipakai di susunan ini ialah Prosedur Kontrol Transmisi dan Prosedur Datagram Pemakai.

Susunan Sesion

Susunan sesion mempunyai dua pekerjaan. Pertama, susunan ini bertindak selaku pengatur diskusi yang membuat diskusi di antara dua proses bisa berbentuk half-duplex atau full-duplex.

Pekerjaan ke-2 ialah menambah beberapa pos pengecekan saat mengirim data secara berurut.

Bila terjadi kekeliruan di tengah-tengah pengangkutan data, karena itu data paket akan dibalikkan ke pos pengecekan dan dikirimkan ulangi. Proses ini umum diketahui sebagai penyelarasan dan rekondisi.

Susunan Presentasi

Susunan presentasi dikenal juga sebagai susunan sintaks, karena terkait dengan sintaks dan semantik info yang dipertukarkan di antara dua mekanisme.

Elemen ini sebagai sisi dari mekanisme operasi yang ubah data dari 1 pola presentasi ke pola lain. Secara singkat, sisi ini bertindak selaku penerjemah data untuk jaringan.

Tetapi tidak itu saja, susunan ini dapat tangani enkripsi dan kompresi. Enkripsi diperlukan untuk jaga privacy, dengan mengganti info yang dikirimkan berbentuk lain dan menyampaikan pesan yang dibuat lewat jaringan.

Dan kompresi ialah proses mengkompresi data (kurangi jumlah bit yang hendak dikirimkan). Kompresi data penting dalam multimedia, seperti text, audio, dan video.

Susunan Program

Berikut salah satu susunan OSI yang berhubungan langsung dengan data dari pemakai. Susunan ini sediakan prosedur yang memungkinkannya piranti lunak untuk mengirimi dan terima info dan menyuguhkan data yang memiliki arti ke pemakai.

Contoh-contoh prosedur susunan program ialah Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Post Office Protocol (POP), Sederhana Mail Transfer Protocol (SMTP), dan Domain Name Sistem (DNS).
Langkah Kerja OSI Layer

Langkah Kerja OSI Layer

Langkah kerja OSI nyaris serupa dengan mengirimi surat melalui Kantor Pos, seperti berikut:

  • Pertama, Anda harus menulis surat lebih dulu
  • Selanjutnya masukkan surat ke amplop
  • Seterusnya, Anda perlu menulis info mengenai pengirim dan yang menerima pada amplop supaya surat dapat sampai ke arah
  • Tempel perangko
  • Lantas ke kantor pos

Pokoknya, langkah kerja OSI harus lewat langkah-langkah dalam posisi tertentu seperti saat Anda mengirimi surat. Ini diaplikasikan untuk dua PC supaya bisa berbicara keduanya.

Saat sebuah piranti ingin mengirimi info ke piranti lain, datanya harus beralih dari susunan atas ke bawah, dan saat piranti terima info, dia harus bergerak dari bawah ke atas untuk “mendekapsulasi”.

Lihat Jga:

bubays.id
restodepot.id
skyroam.id
thegreenforestresort.co.id
pondband.net
sobatbumi.id
lpmplampung.id
media-n.id